Tautan-tautan Akses

Syria Mengancam Akan Tutup Perbatasannya Dengan Libanon


Syria telah mengancam akan menutup perbatasannya dengan Libanon jika PBB menempatkan pasukan pemelihara perdamaian di wilayah itu. Menteri Luar negeri Finlandia Erkki Tuomioja mengatakan ancaman itu dikeluarkan dalam pertemuan hari Rabu dengan Menteri Luar Nehgeri Syria Walid Mualim.

Finlandia yang sekarang menjabat sebagai ketua Uni Eropa, yang sedang berusaha keras untuk dapat menyumbangkan pasukan bagi pasukan pemelihara perdamaian PBB.

Seorang jurubicara Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat tidak menganggap serius ancaman Syria itu. Katanya, Syria bukanlah pihak yang membicarakan penempatan pasukan pemelihara perdamaian di Libanon dan jika presiden Syria tidak memasok Hizbullah, tidak ada masalah.

Dewan Keamanan PBB setuju memperkuat pasukan pemelihara perdamaian PBB di Libanon dengan 15 ribu tentara tambahan sebagai bagian dari gencatan senjata antara Israel dan Hizbullah. Beberapa negara Eropa sudah mengatakan mereka enggan menyediakan pasukan, kecuali kalau ketentuan tempurnya jelas dan pasukan pemelihara perdamaian itu dapat membela diri.

XS
SM
MD
LG