Tautan-tautan Akses

Sebelas Negara Asia Bicarakan Taktik Hadapi Penyakit Gawat di Dhaka


Para pejabat kesehatan dari 11 negara Asia, termasuk Indonesia, mengadakan petemuan di ibukota Bangladesh, Dhaka, membahas perang melawan berbagai penyakit seperti AIDS, malaria dan flu unggas. PM Bangladesh Khaleda Zia mengatakan kepada para peserta, Asia sedang menghadapi ancaman yang belum pernah ada sebelumnya dari penyakit-penyakit infeksi yang baru muncul.

Ia mengatakan pemerintah-pemerintah lokal harus menemukan cara yang tidak terlalu mahal untuk mencegah menjalarnya penyakit-penyakit itu. Konferensi regional yang lebih luas yang diselenggarakan oleh Organisasi Kesehatan Sedunia, WHO, akan dimulai di Dhaka besok.

Sebelumnya di Jakarta, pejabat kesehatan Indonesia mengatakan, seorang wanita yang meninggal pekan lalu di sebuah desa karena flu burung yang parah telah di-test positif terserang virus maut H5N1. Para pejabat mengatakan, test laboratorium hari ini mengukuhkan perempuan berumur 35 tahun dari Cikelet Jawa Barat itu meninggal hari Kamis oleh flu burung. Serangkaian kasus flu burung yang sudah dikonfirmasi dan dicurigai telah ditemukan pada manusia di Cikelet.

Kementerian Kesehatan Indonesia dan Organisasi Kesehatan Sedunia WHO telah menugaskan para penyelidik ke wilayah itu hari Kamis, setelah konfirmasi korban meninggal ke-45 akibat flu burung itu. Bulan Mei, tujuh anggota satu keluarga di Indonesia meninggal oleh penyakit itu, yang menimbulkan kekhawatiran virus itu mungkin sudah bermutasi ke bentuk yang dapat menular dengan mudah dari manusia ke manusia.

XS
SM
MD
LG