Tautan-tautan Akses

AS Akan Desak PBB Kenakan Sanksi Bagi Iran Jika Tolak Hentikan Pengayaan Uranium


Wakil menteri luar negeri Amerika, Nicholas Burns mengatakan Amerika berencana akan bertindak cepat mendesak PBB mengenakan sanksi terhadap Iran kalau Iran tidak menghentikan proses memperkaya uranium akhir bulan ini. Amerika, katanya, akan mendesakkan sanksi dimaksud awal September.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan tujuannya bukan untuk menghukum Iran tetapi untuk membuatnya mematuhi langkah-langkah internasional dalam menangani aktivitas nuklirnya yang peka.

Sebelumnya awal pekan ini Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menolak resolusi PBB meminta Iran menghentikan kegiatan nuklir yang peka selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus.

Pejabat-pejabat pemerintahan Bush mengatakan mereka yakin Dewan Keamanan paling tidak akan mengenakan sanksi terbatas seperti melarang para pejabat tinggi Iran melakukan perjalanan ke negara tertentu dan membekukan aset mereka. Amerika bersama sekutu berpendapat Iran hendak mengembangkan senjata nuklir. Sebaliknya Iran menegaskan program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG