Tautan-tautan Akses

Indonesia Menyelidiki Tuduhan Korupsi Perusahaan Kontraktor Inggris


Pihak berwenang di Indonesia sedang menyelidiki tuduhan korupsi yang melibatkan perusahaan kontraktor Inggris. Perusahaan bernama WSP International ini dituduh menyuap para pejabat pemerintah sehubungan dengan dua proyek Bank Dunia yang digarapnya.

Tuduhan terhadap WSP International dilontarkan para penyelidik Bank Dunia dan rinciannya disampaikan melalui surat bulan Juni lalu ke Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tuduhan ini belakangan bocor ke kalangan suratkabar lokal dan dipantau suratkabar The Financial Times, sehingga mendorong Bank Dunia untuk meminta Jakarta mengembalikan dana 4,7 juta dolar yang terkait dengan kedua proyek jalan itu.

Wibisono Setio Wibowo, Inspektur Jenderal Kementeria Pekerjaan Umum mengatakan, penyelidikan yang yang berlangsung saat ini masih dalam tahap dini, sehingga belum ada yang bisa diungkapkan. Meski demikian, ia mengatakan, jika WSP International terbukti bersalah, pihak berwenang di Indonesia akan memasukannya ke dalam daftar hitam.

Dalam sebuah pernyataannya, CEO WSP Group, perusahaan induk dari WSP International, menolak mengomentari tuduhan tersebut, meskipun ia membenarkan keterlibatan perusahaan itu dalam proyek-proyek Bank Dunia yang saat ini sudah selesai. Ia juga mengatakan perushaannnya akan terus beroperasi di Indonesia, negara yang terkenal sebagai salah satu negara dengan angka korupsi terbesar di dunia.

XS
SM
MD
LG