Tautan-tautan Akses

Cina Mendesak Iran agar Menerima Paket Insentif yang Ditawarkan


Cina mendesak Iran agar menerima paket insentif yang ditawarkan oleh Cina dan lima negara lain sebagai imbalan bagi persetujuan Teheran menghentikan proses pengolahan uraniumnya.

Kantor berita resmi Cina Xinhua mengatakan Wakil Menteri Luar Negeri Cui Tiankai mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Iran Ali Larijani Selasa kemarin di Teheran.

Xinhua mengatakan Cui Tiankai mengatakan kepada pejabat Iran itu bahwa Cina berharap agar Iran memanfaatkan kesempatan itu untuk menanggapi tawaran paket tersebut secara positif.

Pada bulan Juni, kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, dan Jerman, menawarkan paket tersebut sebagai imbalan penghentian pengolahan uranium.

Iran belum menerima insentif tersebut, tetapi mengatakan negara itu akan memberi tanggapan selambat-lambatnya tanggal 22 Agustus. Negara itu dapat menghadapi sanksi PBB jika menolak tawaran itu.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutu Baratnya yakin Iran sedang berupaya mengembangkan senjata nuklir. Teheran mengatakan program nuklirnya untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG