Tautan-tautan Akses

Gencatan Senjata yang Ditengahi PBB Mulai Berlaku di Libanon


Gencatan senjata yang ditengahi PBB telah mulai berlaku di seantero Libanon saat pasukan Israel dan kaum militan Hizbullah menghentikan serangan mereka setelah konflik lebih dari sebulan. Tidak ada pertempuran dilaporkan sejak gencatan senjata berlaku pukul 8 pagi waktu setempat. Pertempuran berlanjut sampai menit-menit terakhir menjelang batas waktu.

Tetapi para pejabat Israel mengatakan pasukannya melepaskan tembakan ke arah sekelompok gerilyawan Hizbullah yang mendekati posisi mereka setelah gencatan senjata berlaku. Media Israel melaporkan seorang militan tewas dalam bentrokan dekat desa Libanon, Hadatha.

Para pejabat militer Israel menatakan sejumlah pasukan telah ditarik dari Libanon selatan menyusul gencatan senjata, tetapi sebagian besar akan mempertahankan posisi yang telah mereka rebut dalam beberapa hari terakhir. Menurut wartawan VOA di Beirut lalulintas kembali normal, dan wartawan lainnya di pelabuhan Tirus di selatan mengatakan suara gempuran udara dan artileri Israel sudah berhenti.

Ribuan warga Libanon yang mengungsi memadati jalan-jalan raya dalam usaha mereka pulang ke desa-desa mereka di selatan.

Pihak militer Israel mengatakan blokade udara dan laut atas Libanon akan berlanjut sampai tata internasional ditegakkan untuk mencegah pengiriman senjata kepada Hizbullah.

XS
SM
MD
LG