Tautan-tautan Akses

Bush: Rencana Peledakan Pesawat Peringatan Keras Adanya Ancaman Teroris


Presiden Bush mengatakan rencana hendak meledakkan pesawat penumpang dalam penerbangan dari Inggris ke Amerika adalah peringatan keras kepada bangsa Amerika bahwa teroris masih mau membunuh mereka. Sedang Partai Demokrat yang beroposisi mengatakan cara presiden menangani perang di Irak menghalangi upaya memerangi teror. Dalam pidato radio mingguan hari Sabtu Presiden Bush mengatakan mematahkan rencana itu adalah bagian dari perang lebih luas terhadap teroris. Dan perang itu, katanya, mencakup perang melawan pemberontak di Afghanistan dan Irak dan Hizbullah di Libanon selatan. Ia mengatakan teroris sedang berusaha menegakkan dan menyebarkan totaliterisme.

Tanggapan Partai Demokrat atas pidato Presiden Bush itu dipercayakan pada Senator Mark Pryor anggota Komite Keamanan Dalam Negeri Senat. Ia mengatakan penanganan yang jelek terhadap perang di Irak telah membuat perang itu menjadi alat pemersatu teroris internasional. Ia juga berseru agar yang berwenang memeriksa semua barang yang masuk ke Amerika baik dengan kapal laut maupun pesawat udara.

Pihak berwajib di Inggris dan Pakistan kini memfokuskan penyelidikan tentang adanya rencana hendak meledakkan pesawat penumpang yang terbang dari Inggris ke Amerika pada dua bersaudara Rashid Rauf dan Tayib Rauf. Rashid sudah ditahan di Pakistan dan yang berwajib di sana menuduhnya sebagai tokoh kunci dalam penyelidikan dan mempunyai kaitan dengan al-Qaida di Afghanistan. Saudaranya Tayib termasuk di antara 23 warga Inggris keturunan Pakistan yang ditahan polisi di Inggris.

Para pejabat Inggris dan Pakistan mengatakan mereka menggagalkan rencana hendak meledakkan bom cair di dalam sampai sepuluh pesawat penumpang. Pihak berwenang di Amerika menerangkan mereka sedang menyelidiki apakah rencana itu mempunyai kaitan di Amerika. Pihak berwajib di Inggris mengatakan mereka melakukan penangkapan hari Kamis setelah ada seorang dari Pakistan menelpon para anggota komplotan itu di Inggris mendesak mereka supaya segera melaksanakan rencana tersebut.

XS
SM
MD
LG