Tautan-tautan Akses

Inggris Yakin Menangkap Semua Tokoh Utama Rencana Meledakkan Pesawat Amerika


Menteri Dalam Negeri Inggris John Reid mengatakan polisi yakin mereka telah menangkap semua tokoh utama dalam rencana untuk meledakkan pesawat penumpang Amerika di angkasa samudera Atlantik.

Reid mengatakan demikian Kamis kemarin setelah polisi menangkap 24 orang menyusul operasi pengintaian selama 8 bulan. Tetapi laporan berita di Amerika dan Inggris mengatakan 5 orang tersangka masih buron.

Pejabat Inggris dan Amerika mengatakan video tentang kesyahidan ditemukan dalam penggrebekan hari Kamis, dan bahwa para tersangka mungkin hanya beberapa hari lagi akan melaksanakan rencana maut mereka.

Mereka mengatakan teroris sudah siap untuk menyelundupkan bahan peledak cair ke dalam sampai 10 pesawat penumpang Amerika.

Bank Inggris telah membekukan aset ke-19 tersangka yang ditahan itu, yang berumur antara 17 hingga 35 tahun.

Presiden Bush menyebut rencana itu sebuah peringatan bahwa Amerika Serikat sedang berperang melawan apa yang disebutnya “fasis Islam.”

Pejabat tinggi Inggris dan Amerika mengatakan rencana itu sama dengan rencana al-Qaida yang gagal tahun 1995 -- rencana al-Qaida untuk meledakkan sejumlah pesawat penumpang di angkasa Pasifik.

XS
SM
MD
LG