Tautan-tautan Akses

John Howard akan Mengirim 150 Tentara Tambahan ke Afghanistan


Perdana Menteri Australia John Howard mengatakan pemerintahannya akan mengirim 150 tentara tambahan ke Afghanistan untuk melindungi tim pembangunan kembali Australia yang akan tiba di negara itu bulan depan.

Howard mengatakan kepada parlemen hari ini pasukan tambahan itu perlu karena peningkatan kekerasan di Afghanistan selatan dan tengah. Pasukan tambahan itu akan melindungi tim 240 pekerja pembangunan kembali dari Australia, yang akan bergabung dengan proyek kemanusiaan yang dipimpin Belanda di provinsi Uruzgan, Afghanistan selatan.

Militer Australia juga akan mengirim kendaraan lapis baja lagi ke Afghanistan sebagai bagian pengerahan pasukan tambahan itu. Australia sudah mempunyai lebih dari 300 tentaranya di Afghanistan, termasuk 190 pasukan khusus dan dua helikopter Chinook.

Seorang jurubicara partai Buruh yang beroposisi di Australia menyatakan keprihatinan mendalam akan keselamatan pasukan Australia di Afghanistan, dengan mengatakan Afghanistan tetap sebagai pusat kegiatan teroris.

XS
SM
MD
LG