Tautan-tautan Akses

Menlu Rice Berharap Segera Diadakan Pemungutan Suara Soal Resolusi Israel-Lebanon


Mentri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan ia berharap diadakannya pemungutan suara dalam waktu satu atau dua hari ini terhadap rancangan resolusi PBB yang ditujukan untuk mengakhiri pertempuran antara Israel dan Hizbullah.

Ia mengatakan resolusi itu adalah langkah pertama penting untuk mengakhiri serangan besar-besaran sekarang ini. Tapi, ia menambahkan, tembak menembak kecil-kecilan mungkin akan terus berlanjut.

Dewan Keamanan akan bersidang hari ini membicarakan rancangan itu yang menyerukan segera diakhirinya serangan-serangan Hizbullah terhadap Israel dan dihentikannya operasi militer ofensif oleh Israel. Resolusi itu juga menyerukan “perlucutan senjata semua kelompok bersenjata di Lebanon.”

Dalam kunjungannya ke Beirut, Mentri LN Suriah Walid Muallim menolak resolusi PBB itu sebagai apa yang ia sebut “resep untuk berlanjutnya perang.” Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Stephen Hadley mengatakan para pejabat berharap tindakan terpisah PBB untuk mengerahkan pasukan internasional ke Lebanon selatan akan dilakukan dalam beberapa hari ini, bukan minggu.

XS
SM
MD
LG