Tautan-tautan Akses

Blair dan Bush Berusaha Menghidupkan Kembali Perundingan Perdagangan Sedunia


PM Inggris Tony Blair mengatakan ia dan Presiden Bush akan melakukan apa yang ia sebut “satu upaya terakhir” untuk menghidupkan kembali pembicaraan perdagangan sedunia yang buyar. Dalam pidato di depan eksekutif senior media di California hari Ahad, PM Blair mengatakan ia belum menyerah mengenai pembicaraan Organisasi Perdagangan Sedunia, WTO.

Menurut naskah yang diumumkan oleh kantornya, PM Blair mengatakan Presiden Bush sepakat untuk berusaha mendayakan kembali pembicaraan itu ketika berlangsung perundingan Gedung Putih pekan lalu, tetapi ia tidak memberikan rincian. Pembicaraan perdagangan sedunia buyar pekan lalu karena ketidak-sepakatan yang tajam antara negara-negara kaya dan berkembang.

Washington dan Eropa menginginkan perekonomian yang sedang tumbuh agar membuka pasar mereka untuk masuknya barang-barang dan jasa Barat yang lebih banyak lagi. Negara-negara berkembang menginginkan pemerintah negara-negara kaya mengurangi subsidi pertanian yang membuat produk mereka lebih murah di pasar dunia.

XS
SM
MD
LG