Tautan-tautan Akses

Italia: Israel Belum Menjawab Seruan 'Konferensi Roma' Agar Membatasi Diri


Italia mengatakan Israel belum menjawab seruan konperensi internasional di Roma hari Rabu agar Israel membatasi diri. Berbicara di Roma hari Kamis menteri luar negeri Italia, Massimo d’Alema mengatakan bahwa ia akan bertolak ke Israel hari Minggu untuk membicarakan gencatan senjata.

Perdana menteri Italia, Romano Prodi juga mengritik Israel. Ia mengatakan Israel jangan menafsirkan kegagalan konperensi Roma menuntut gencatan senjata segera sebagai mewenangkan Israel melancarkan serangan baru di Libanon.

Di lain bagian – Prancis menyatakan kecewa melihat konperensi Roma tidak menyerukan gencatan senjata. Prancis kini menyodorkan rancangan resolusi gencatan senjata di PBB. Banyak negara Eropa meminta permusuhan di Libanon segera dihentikan.

Tetapi Amerika menentang gencatan senjata. Berbicara di Washington hari Kamis Presiden Bush mengatakan diplomasi harus dapat mengatasi akar permasalahan krisis sekarang yang disebutnya aktivitas teroris. Ia menandaskan bahwa tujuan Amerika ialah memastikan agar teroris tidak mendapat imbalan.

XS
SM
MD
LG