Tautan-tautan Akses

PM Maliki di Kongres AS: Irak Merupakan Garis Depan Perang Melawan Teror


Presiden Bush dan Perdana Menteri Nouri al-Maliki mengunjungi anggota pasukan Amerika beserta keluarga mereka di Virginia utara dekat Washington DC. Maliki menyampaikan terimakasih kepada pasukan Amerika beserta keluarga mereka atas pengorbanan mereka di Irak.

Sebelumnya pemimpin Irak itu mengucapkan pidato dalam sidang gabungan Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat Amerika, dimana dia mengatakan Irak merupakan garis-depan perang global melawan teror. Maliki mengatakan, kekerasan yang sedang berlangsung di Irak sekarang ini adalah pertarungan antara yang dia sebut “Islam sejati” melawan terorisme yang “membungkus diri dalam pakaian Islam palsu”. Dia menerima beberapa kali tepukan tangan panjang dengan berdiri.

Namun, Perdana menteri Irak itu tidak menyebut-nyebut kontroversi atas ucapannya belum lama ini yang menuduh Israel melakukan agresi dalam konfliknya dengan Hizbullah di Libanon. Sejumlah anggota Kongres dari Partai Demokrat mengecam ucapan itu dan menuntut agar Maliki menjelaskan posisinya.

XS
SM
MD
LG