Tautan-tautan Akses

Presiden SBY Terima Kunjungan PM Baru Timor Timur, Jose Ramos Horta


Perdana menteri Timor Timur yang baru telah bertemu dengan presiden Indonesia dalam kunjungan keluar negeri pertama oleh perdana menteri tersebut sejak pelantikannya. Jurubicara kepresidenan hari Selasa melaporkan Perdana Menteri Jose Ramos Horta memberitahu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta prioritas utamanya adalah rekonsiliasi, setelah keresahan politik selama berbulan-bulan.

Kedua pemimpin memutuskan untuk merampungkan segera kesepakatan perbatasan dan menanda-tanganinya untuk diberlakukan bulan September. Jurubicara itu juga mengatakan Timor Timor dan Indonesia telah menyepakati pertemuan trilateral dengan Australia yang akan dilangsungkan di Dili, ibukota Timor Timur. Tanggal pertemuan trilateral itu belum ditetapkan.

Australia selama ini memimpin pasukan perdamaian internasional di Timur Timor untuk ikut menghentikan tindak kekerasan di jalan-raya yang menjatuhkan Mari Alkatiri, pendahulu Ramos Horta. Setelah persinggahannya di Indonesia, Ramos Horta menuju Malaysia untuk menghadiri forum regional ASEAN hari Jumat.

XS
SM
MD
LG