Tautan-tautan Akses

Sejumlah Menteri Luar Negeri Berkumpul di Roma Dalam Konferensi Mengenai Libanon


Para menteri luar negeri dari negara-negara Arab dan Barat hari Rabu berkumpul di Roma untuk konferensi internasional mengenai Lebanon. 15 negara, termasuk Amerika, akan menghadirinya. Diperkirakan banyak yang akan mengimbau gencatan senjata segera dalam konflik bersenjata antara Israel dan gerilya Hezbollah. Amerika menentang gencatan senjata segera.

Menurut berbagai laporan media, direktur kebijakan luar negeri Uni Eropa akan menyerukan gencatan senjata dan penempatan pasukan perdamaian internasional untuk Lebanon selatan yang akan mencakup tentara Eropa. Juga pada hari ini, Presiden Mesir Hosni Mubarak bertolak ke Arab Saudi untuk konsultasi sebelum konferensi tersebut. Mesir dan Arab Saudi mengimbau gencatan senjata segera.

Sebelum berangkat ke Roma hari Selasa, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengulangi sikap Amerika bahwa gencatan senjata harus dibarengi persyaratan agar perdamaian langgeng. Ia berkata demikian kepada para wartawan setelah pertemuan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Di Washington, Presiden Bush dan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki di depan umum berbeda pendapat mengenai Lebanon. Ketika berbicara pada jumpa jumpa pers, Maliki menyerukan gencatan senjata. Bush mengemukakan argumentasi bagi perdamaian jangka panjang.

XS
SM
MD
LG