Tautan-tautan Akses

DPR Amerika akan Mempedebatkan RUU Penjualan Teknologi Nuklir Sipil kepada India


Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika akan mempedebatkan rancangan undang-undang hari ini, yang hendak mengizinkan Washington menjual teknologi nuklir sipil kepada India. Rancangan ini sangat dipertentangkan, yang menunjukkan keprihatinan akan penyebaran nuklir.

Rancangan tersebut hendak mencabut pembatasan yang telah berlaku puluhan tahun, yang akan memungkinkan Washington menjual teknologi tadi kepada New Delhi, kalau India membukakan sarana nuklir sipilnya bagi inspeksi internasional.

Pemerintahan Presiden Bush mengatakan rancangan tersebut tidak akan menghambat usaha pencegahan penyebaran nuklir global. Tetapi, banyak anggota Kongres yakin bantuan Amerika mungkin akan membantu India membebaskan sumber daya untuk memproduksi lebih banyak senjata nuklir. Mereka khawatir penjualan kepada India tersebut dapat menyulut perlombaan senjata yang baru dengan Pakistan.

Wakil Direktur Pusat Pengkajian Larangan Penyebaran Nuklir mengatakan Washington hanya menerima sedikit janji dari India untuk tidak menyebarkan teknologi nuklir. Ia mengatakan Dewan Perwakilan Rakyat Amerika dapat memperkuat perjanjian penjualan itu ketika diperdebatkan.

XS
SM
MD
LG