Tautan-tautan Akses

Kepala Urusan Kemanusiaan PBB Jan Egeland Tiba di Libanon, Serukan Bantuan Darurat


Para pejabat PBB mengatakan kepala urusan kemanusiaan Jan Egeland tiba di Libanon hari ini untuk menyerukan bantuan jutaan dollar guna menolong setengah juta warga sipil yang mengungsi oleh pemboman Israel. Hari Sabtu Egeland mengatakan seratus juta dollar sangat mendesak diperlukan untuk membantu menghindarkan krisis kemanusiaan di Libanon. Dia menyebut situasi di Libanon selatan “krisis sangat besar”, dimana ribuan warga Libanon meninggalkan ajang kekerasan terburuk.

Israel hari Jumat menjatuhkan selebaran menganjurkan warga sipil menjauh 30 kilometer dari perbatasan utara Israel. Sementara itu, pemerintah-pemerintah dunia terus mengungsikan warganya. Duapuluh lima ribu orang sudah di-evakuasi ke pulau Siprus. Menteri Luar negeri Siprus George Lillikas mengatakan pulau itu akan membutuhkan bantuan keuangan dari negara-negara Eropa jika masih terus menerima ribuan yang melarikan diri dari kekerasan itu. Egeland akan bertemu dengan para pejabat Israel hari Selasa.

Hari ini, pesawat-pesawat tempur Israel membom target-target di Lebanon untuk hari ke-12, sementara kaum militan Hezbollah menembakkan roket-roket ke Israel utara, menewaskan paling sedikit 2 orang. Polisi Israel mengungkapkan paling sedikit 14 warga Israel cedera sewaktu serangkaian roket Hezbollah menghantam kota pelabuhan utara Haifa hari ini. Sementara itu, pesawat-pesawat Israel menggempur kubu-kubu Hezbollah di Beirut dan kota pelabuhan Sidon, di selatan. Paling sedikit 3 orang cedera di Sidon.

Sabtu kemarin, pihak militer Israel mengabarkan telah mendesak kelompok militan Hezbollah ke desa penting Maroun al-Ras di Libanon selatan. Jenderal Beni Gantz mengutarakan pasukan-pasukan udara dan darat Israel mengambil alih desa itu, yang adalah sebuah kubu Hezbollah dekat dengan perbatasan Israel-Libanon. Sementara itu Amerika Serikat mempercepat pengiriman bom kendali-presisi kepada Israel. Keputusan mempercepat pengiriman senjata itu menyusul permintaan Israel, dan sebagai bagian paket penjualan senjata bernilai multi milyaran dolar yang telah disetujui tahun lalu.

XS
SM
MD
LG