Tautan-tautan Akses

PM Ramos Horta Menawarkan Amnesti Agar Penduduk Timor Timur Serahkan Senjata


Perdana menteri baru Timor Timur, Jose Ramos Horta telah menawarkan amnesti senjata, dan memperingatkan bahwa penduduk yang menyembunyikan senjata di rumah-rumah mereka adalah melanggar hukum. Perdana menteri Ramos Horta mengumumkan amnesti itu hari Jum’at, dengan mengatakan, mereka yang secara sukarela menyerahkan senjata kepadanya atau kepada Presiden Xanana Gusmao tidak akan dihukum.

Perdana Menteri Ramos Horta mengumumkan tentang anmesti itu dalam usaha mencegah gelombang keresahan lagi di kalangan penduduk sipil. Dua puluh satu orang tewas dan ribuan lagi terpaksa mengungsi dalam bentrokan bulan Mei, ketika unjuk rasa oleh para bekas tentara berubah menjadi tindak kekerasaan dan menyebar luas mencakup penduduk sipil.

Kekerasan itu adalah yang terburuk sejak Timor Timur merdeka dan lepas dari Indonesia dalam tahun 1999, setelah 24 tahun berada di bawah kekuasaan Indonesia. Perdana Menteri Ramos Horta diangkat menjadi perdana menteri pekan lalu, untuk membantu memulihkan stabilitas di negara yang muda itu.

XS
SM
MD
LG