Tautan-tautan Akses

Pasukan Ethiopia Masuki Baidoa Untuk Melindungi Pemerintahan Somalia


Saksi mata mengatakan pasukan Ethiopia telah memasuki Baidoa - basis pemerintahan transisi Somalia – untuk melindungi pemerintahan itu dari kemungkinan diambil alih oleh milisi Islamis. Pemerintah Ethiopia menyangkal berita tersebut.

Namun, menteri penerangan Ethiopia menjelaskan hari Kamis bahwa Ethiopia siap menyerbu Somalia untuk mempertahankan pemerintah transisi itu. Amerika telah meminta Ethiopia membatasi diri, sementara pejabat-pejabat tinggi Islamis Somalia mengancam akan melancarkan jihad terhadap Ethiopia jika pasukan Ethiopia itu tidak ditarik.

Hari Rabu milisi Islamis telah bergerak maju sampai ke jarak 40 kilometer dari Baidoa, namun saksi mata mengatakan milisi kemudian mundur lagi hari Kamis. Pemerintahan transisi Somalia mendapat dukungan internasional tetapi hanya mempunyai kekuasaan kecil di luar Baidoa.

Milisi Islamis telah menguasai sebagian besar Somalia selatan dalam beberapa pekan terakhir setelag mengalahkan para hulubalang yang berhaluan sekuler dalam pertempuran menguasai ibukota Mogadishu.

XS
SM
MD
LG