Tautan-tautan Akses

Kofi Annan Serukan Gencatan Senjata Segera Antara Israel dan Hizbullah


Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan telah menyerukan gencatan senjata segera antara Israel dan milisi Hizbullah Libanon dan membiarkan diplomasi mencari penyelesaian bagi krisis sekarang antara keduanya.

Berbicara pada sidang Dewan Keamanan PBB Annan mengatakan Israel telah menggunakan kekerasan yang berlebihan di Libanon. Tetapi ia juga mengatakan Hizbullah yang memprovokasi Israel dan harus membebaskan dua anggota tentara Israel yang diculiknya.

Annan juga menganjurkan penugasan pasukan PBB pemelihara perdamaian di Libanon selatan disusul dengan konperensi internasional untuk menetapkan waktu bagi Libanon untuk menguasai seluruh wilayahnya.

Duta Besar Israel untuk PBB mengatakan Annan tidak menyinggung sebab-sebab terjadi krisis yang disebutnya sebagai teror Hizbullah serta dukungan Syria dan Iran kepada Hizbullah.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan hari Kamis bahwa Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice akan melawat ke Timur Tengah seawal pekan depan. Namun Amerika menyatakan kondisi masih belum kondusif untuk menegakkan gencatan senjata. Prancis mengatakan hari Kamis akan mengutus menteri luar negerinya melawat ke lima negara di kawasan Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG