Tautan-tautan Akses

Jacques Chirac Usulkan Gencatan Senjata Kemanusiaan di Libanon


Presiden Prancis Jacques Chirac mengusulkan apa yang dia sebut gencatan senjata kemanusiaan di Libanon untuk memberi kesempatan warga asing mengungsi dan warga sipil Libanon menghindar dari bombardemen Israel. Chirac, dalam sebuah pernyataan juga mengusulkan koridor kemanusiaan melalui mana, warga sipil bisa lari dan bantuan internasional dapat mencapai warga sipil.

Di Jenewa hari ini, Komite Palang Merah Internasional mengatakan akan memperluas operasi di Libanon untuk mencegah krisis kemanusiaan, sementara kepala dewan HAM PBB Louis Arbour mengatakan kematian warga sipil dalam serangan di Libanon, Israel dan wilayah Palestina dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

Di Yerusalem, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana menyerukan gencatan senjata segera. Utusan khusus PBB di Libanon Terje-Roed-Larsen mendesak komunitas internasional untuk mengambil keputusan cepat mengenai pasukan stabilisasi bagi Libanon Selatan. Amerika Serikat enggan mendukung gencatan senjata segera. Jurubicara Gedung Putih Tony Snow mengatakan hari ini, Amerika tidak akan terlibat dalam membuat keputusan militer bagi Israel.

Sementara, Sebuah kapal pesiar carteran Amerika yang mengangkut lebih dari seribu warga Amerika ke tempat aman dari gempuran udara Israel di Libanon tiba di Siprus Kamis pagi. Kapal itu berlayat dari Beirut hari Rabu. Para pejabat Amerika mengatakan mereka berencana membawa beberapa ribu warga Amerika lagi ke Siprus dalam beberapa hari mendatang.

Ada sekitar 25 ribu warga Amerika menetap di Libanon. Banyak kapal sedang mengambil bagian dalam evakuasi ribuan warga asing dari Libanon. Beberapa kapal Eropa sedang dalam perjalanan ke negara itu untuk mengungsikan lebih banyak lagi. India juga telah mengirim empat kapal untuk memungut warganegaranya. Banyak orang dari negara-negara Arab menyeberang lewat darat ke Syria dalam perjalanan pulang ke negara mereka. Ribuan warga Libanon juga lari ke Syria untuk menghindari pertempuran.

XS
SM
MD
LG