Tautan-tautan Akses

Negara-Negara Besar Mendesak Korea Utara Kembali ke Perundingan Perlucutan Senjata


Negara-negara besar mendesak Korea Utara kembali ke perundingan perlucutan senjata setelah Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengeluarkan resolusi mengutuk uji-coba rudal Pyongyang belum lama ini. Presiden Cina Hu Jintao mengatakan, dia dan Presiden Bush dalam pertemuan KTT G-8 di Rusia hari Minggu sepakat untuk melanjutkan upaya memajukan perundingan nuklir dengan Korea Utara. Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan, dengan kesatuan internasional yang ditunjukkan resolusi PBB itu, Pyongyang tidak akan punya pilihan selain kembali ke perundingan. Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi juga menyerukan Korea Utara kembali ke perundingan.

Korea Utara menolak keras resolusi Dewan Keamanan hari Sabtu dan mengatakan akan menanggapi dengan meningkatkan yang disebut “penangkal perang”-nya.

Media Jepang Senin ini memberitakan Tokyo sedang mempertimbangkan pemberlakuan sanksi ekonomi lebih jauh atas Korea Utara setelah penolakan resolusi itu oleh Pyongyang, termasuk penghentian pembayaran uang tunai dan membekukan aset Korea Utara di Jepang.


XS
SM
MD
LG