Tautan-tautan Akses

AS, Jepang, Rusia Sepakat Korea Utara Tidak Boleh Miliki Senjata Nuklir


Presiden Bush dan Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas bagaimana secara resmi bereaksi terhadap peluncuran misil Korea Utara. Pertemuan diadakan hari Sabtu, sebelum KTT G-8 di Saint Petersburg, Rusia.

Presiden Bush mengatakan kepada wartawan bahwa pembicaraan berlangsung produktif dan kedua pihak sepakat bahwa Korea Utara tidak boleh memiliki senjata nuklir. Para pejabat Jepang memberikan sedikit rincian mengenai Junichiro-Putin, kecuali mengatakan kedua pihak tidak semakin dekat dekat untuk sepakat mengenai resolusi Dewan Keamanan PBB untuk memperingatkan Korea Utara tentang uji-coba misilnya.

Tokyo dan Washington telah menawarkan naskah rancangan resolusi yang telah direvisi untuk mengimbangkan tuntutanAmerika dan Jepang untuk mengenakan sanksi yang bersifat menghukum dengan pendekatan yang lebih lunak yang disponsori oleh Rusia dan Cina.

Rancangan resolusi terbaru menuntut Pyongyang menghentikan semua kegiatan yang berkaitan dengan program misilnya. Rancangan resolusi itu juga meminta semua negara anggota untuk mencegah Pyongyang menerima atau menjual teknologi dan produk misil.

XS
SM
MD
LG