Tautan-tautan Akses

Korea Utara Bertekad Tingkatkan Penangkal Perang Untuk Tanggapi Resolusi PBB


Korea Utara mengatakan akan meningkatkan penangkal perang negara itu dalam menanggapi resolusi PBB yang mengutuk Pyongyang atas ujicoba rudal belum lama ini. Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini mengatakan, Korea Utara tidak terikat oleh resolusi Dewan Keamanan itu.

Pyongyang menyalahkan Amerika Serikat atas tindakan Dewan itu dan mengatakan sikap permusuhan Washington telah mendorong Korea Utara meningkatkan penangkal perangnya untuk membela diri dengan segala cara – frasa yang sering digunakan untuk merujuk pada program senjata nuklir negara itu.

Hari Sabtu Dewan Keamanan PBB memutuskan dengan suara bulat untuk menghukum Pyongyang atas peluncuran tujuh rudal balistik awal bulan ini. Resolusi itu meminta penghentian semua aktivitas rudal dan mewajibkan negara anggota mencegah Pyongyang mendapatkan atau menjual teknologi dan produk nuklir.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice hari ini mengatakan, keputusan suara bulat Dewan Keamanan itu, dengan dukungan Cina, akan memaksa Pyongyang kembali ke pembicaraan enam-negara mengenai program nuklirnya.

XS
SM
MD
LG