Tautan-tautan Akses

Israel  Tingkatkan Serangan Terhadap Beirut dan Seluruh Wilayah Libanon


Israel telah meningkatkan serangannya terhadap Lebanon, menghantam sasaran-sasaran di Beirut dan di seluruh negeri itu. Serangan udara Israel menewaskan paling sedikit 32 orang Lebanon hari Sabtu, sebagian besar warga sipil.

Kurang lebih 100 orang Lebanon meninggal sejak pertempuran pecah hari Rabu. Dalam serangan yang paling mematikan itu, 15 orang meninggal di Lebanon selatan ketika mereka berusaha melarikan diri. Israel juga untuk pertama kalinya menghantam pelabuhan laut Beirut dan kota Tripoli di utara.

Israel juga membom gedung-gedung yang digunakan oleh Hezbollah dan militan Hamas di Beirut dan Baalbek. Berbicara melalui televisi Lebanon, Perdana Menteri Fuad Siniora menyebut Israel, sebuah mesin jahat yang melakukan penghukuman kolektif terhadap Lebanon. Ia meminta Perserikatan Bangsa Bangsa untuk menjadi penengah dalam menegakkan gencatan senjata segera.

Hezbollah menembakkan roket ke berbagai kota di Israel hari Sabtu, termasuk Tiberias di tepi Laut Gagilea. Israel telah memindahkan misil Patriotnya buatan Amerika ke Haifa untuk menahan roket –roket Hezbollah. Serangan Israel terhadap Lebanon dimulai setelah Hezbollah menawan dua tentara Israel hari Rabu dalam serbuan lintas perbatasan.

XS
SM
MD
LG