Tautan-tautan Akses

Pesawat Tempur Israel Kembali Menyerang Bandara Internasional Beirut


Israel meningkatkan operasi militernya di Libanon dalam upaya membebaskan dua anggota militernya yang diculik gerilyawan Hezbollah hari Rabu. Pesawat tempur Israel untuk kedua kalinya Kamis petang menyerang bandar udara internasional Beirut. Selain itu juga mengebom dua pangkalan udara tentara Libanon di dekat perbatasan Syria dan mengenakan blokade laut dan udara terhadap Libanon. Pemerintah Libanon menyatakan lebih dari 50 orang tewas akibat serangan udara Israel. Sebaliknya Israel menyatakan 8 anggota tentaranya tewas.

Roket yang ditembakkan Hezbollah ke Israel utara Kamis pagi menewaskan sedikitnya satu orang. Pejabat-pejabat Israel mengatakan serangan roket Hezbollah juga mengenai kota kedua terbesar di Israel, Haifa, Kamis malam tetapi tidak ada laporan tentang korban luka-luka. Ini merupakan pertama kalinya roket mengenai sasaran sampai sejauh Haifa di Israel selatan kurang lebih 50 kilometer dari perbatasan Libanon. Namun Hezbollah menyangkal bertanggungjawab. Pemerintah Libanon berseru ditegakkan gencatan senjata menyeluruh.

Dalam pada itu, Dewan Keamanan PBB dijadwalkan bersidang hari Jum’at membahas peningkatan kekerasan yang melibat Israel, Palestina dan gerilyawan yang berpangkalan di Libanon. Sidang diadakan atas permintaan pemerintah Libanon. Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengatakan ia mengirim mengirin satu tim beranggota tiga orang ke Timur Tengah untuk mengkaji situasi di sana. Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika di Washington mengatakan, Amerika mendukung upaya tim PBB itu.

Amerika juga berseru kepada pemerintah Syria dan Iran untuk menekan Hezbollah agar membebaskan dua anggota tentara Israel yang diculik. Pejabat Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Javier Solana juga mengumumkan hari Kamis bahwa ia berencana berkunjung ke Timur Tengah. Pejabat-pejabat Uni Eropa mendesak semua pihak agar menghormati hukum kemanusiaan internasional. Para menteri luar negeri Liga Arab dijadwalkan mengadakan sidang luar biasa hari Sabtu nanti di Kairo.

XS
SM
MD
LG