Tautan-tautan Akses

PM Singh: India Akan Bersatu Hadapi Tantangan Pemboman Kereta Api


Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan, negaranya akan tetap bersatu menghadapi pemboman keretaapi hari Selasa, dan pemerintah akan melakukan apa saja yang perlu untuk menghadapi tantangan. Dalam pidato televisi yang disiarkan secara nasional, Singh mengatakan ini bukan untuk pertama kalinya musuh-musuh negara itu berusaha merongrong perdamaian dan kemakmurannya.

Dia berbicara saat para penyidik sedang menyelidiki siapa yang bertanggungjawab atas peledakan terkoordinasi keretaapi yang menewaskan paling kurang 200 orang dan melukai 700 lainnya. Paling sedikit tujuh bom meledak di keretaapi penumpang di kala jam sibuk hari Selasa di dekat dan di kota Bombay, ibukota negarabagian Maharashta, India Barat.

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab, meskipun para pejabat sedang mencari kemungkinan kaitannya dengan kelompok militan Kashmir yang berpangkalan di Pakistan, Lashkar-e-Taiba. Kelompok itu beserta kelompok separatis Kashmir lainnya Hizb-ul-Mujahiddin telah membantah terlibat dan mengutuk serangan itu.

XS
SM
MD
LG