Tautan-tautan Akses

Poll Menunjukkan Evo Morales  Menang Separuh Kursi di Majelis Nasional Khusus


Poll atas pemilih yang telah memberikan suara di Bolivia menunjukkan para pendukung Presiden Evo Morales memenangkan sekitar separuh kursi di majelis nasional khusus yang akan menyusun kembali konstitusi Bolivia.

Menurut beberapa poll yang dikeluarkan hari Minggu, Gerakan Menuju Sosialisme Presiden Morales akan meraih antara 125 sampai 134 kursi di majelis beranggota 225 orang itu, tetapi partai itu tidak berhasil memenangkan dua pertiga suara mayoritas yang diperlukan untuk mengamandemen konstitusi.

Dalam isu nasional lain – referendum yang sedianya akan memberi negarabagian Bolivia otonomi yang lebih besar dari pemerintah nasional – poll menunjukkan maksud itu ditolak di lima dari sembilan negarabagian. Hasil penghitungan suara secara nasional atas referendum itu belum diketahui.

Presiden Morales menentang referendum otonomi itu yang didukung para pemimpin di negarabagian Santa Cruz yang kaya minyak. Mereka mengatakan langkah itu akan memastikan pendapatan dari bisnis setempat tidak akan digunakan di tempat lain.

XS
SM
MD
LG