Tautan-tautan Akses

Jepang Himbau DK PBB Mengirim Peringatan Keras Kepada Korea Utara


Jepang menghimbau Dewan Keamanan PBB untuk mengirim pesan keras kepada Korea Utara dan mendukung rancangan resolusi Tokyo untuk mengenakan sanksi terhadap Pyongyang karena mengujicoba rudal. Menteri Luar Negeri Jepang Taro Aso hari Minggu ini mendesak Dewan supaya tidak kompromi mengenai isu itu hanya karena anggota Dewan, Cina, menentang rancangan resolusi tersebut.

Banyak anggota Dewan Keamanan PBB mendukung usul Jepang itu, namun Cina dan Rusia yang keduanya memiliki hak veto telah mendesak kata-kata yang lebih lunak dalam dokumen itu. Pemungutan suara diperkirakan hari Senin. Aso mengatakan Cina menghadapi risiko dikucilkan jika memberi suara menentang sanksi. Amerika Serikat mendukung Jepang.

Tetapi di Seoul hari ini, utusan Amerika Christopher Hill mengatakan upayanya terfokus pada cara mencapai konsensus dalam menghadapi Korea Utara setelah negara itu menguji-tembakkan rudal hari Rabu, diantaranya sebuah rudal balistik jarak-jauh.

Sementara itu masih soal peluncuran rudal, India melaporkan telah menguji-tembakkan rudal baru Agni-Tiga yang berkemampuan nuklir. Laporan berita dari India menyebutkan peluncuran itu dilakukan hari ini di pusat peluncuran rudal utama India di Pulau Wheeler di negarabagian Orissa, India Timur. Menurut para analis, peluncuran rudal itu yang berjarak jangkau lebih dari tiga ribu kilometer dipandang sebagai uji-coba rutin, bukan sebagai unjuk kekuatan.

XS
SM
MD
LG