Tautan-tautan Akses

Bush Ucapkan Selamat Kepada Felipe Calderon Atas Kemenangan Dalam Pemilu Mexico


Gedung Putih mengatakan, Presiden Bush Jumat mengucapkan selamat lewat telpon kepada Felipe Calderon, dan mengatakan kepada yang tampaknya pemenang pemilu presiden di Mexico itu bahwa Bush akan membahas berbagai masalah penting dengannya. Jurubicara Tony Snow mengatakan, Bush juga menelpon Presiden Mexico Vicente Fox untuk mengucapkan selamat atas pencapainnya selama menjadi presiden.

Kata Jurubicara itu, Bush berharap dapat bertemu Fox lagi sebelum pemimpin Mexico itu meninggalkan jabatannya Desember mendatang. Pembicaraan telpon itu dilakukan satu hari sesudah Komisi Pemilu Mexico mengumumkan laporan terakhir yang menunjukkan Calderon memenangkan pemilu Ahad baru lalu dengan selisih suara sangat tipis.

Calderon, mewakili Partai Aksi Nasional Fox yang berkuasa, memperoleh 35,88 persen suara, sedangkan saingannya, Adres Manuel Lopez Obrador,35,31 persen. Lopez Obrador telah menyatakan akan menggugat hasil pemilu dan mengerahkan para pendukungnya Sabtu ini di lapangan utama kota Mexico. Calon dari Partai Revolusi Demokrat itu menuntut dilakukannya penghitungan suara satu per satu.

XS
SM
MD
LG