Tautan-tautan Akses

Christopher Hill Dukung Usul Cina Bagi Pembicaraan Enam Pihak Soal Nuklir Korut


Utusan utama Amerika ke pembicaraan mengenai Korea Utara Christopher Hill, menyatakan mendukung usul Cina bagi diadakannya pembicaraan enam pihak mengenai program senjata nuklir Pyongyang. Utusan tersebut mengatakan di Seoul hari ini bahwa A.S. bersedia untuk bertemu bilateral dengan Korea Utara pada kesempatan di luar pembicaraan itu.

Hill sedang melawat ke negara-negara yang turut dalam perundingan nuklir 6 negara dengan Korea Utara, untuk mengkoordinasikan tanggapan atas uji-coba tujuh misil Korea Utara Rabu baru lalu. Hill hari ini menolak lagi tuntutan Korea Utara yang menghendaki agar Washington mencabut sanksi keuangan terhadap Pyongyang sebelum melanjutkan prundingan nuklir.

Dia sebelumnya bertemu dengan utusan Korea Selatan, Chun Yung-Woo, yang mengatakan, peluncuran misil tersebut hendaknya diperlakukan sebagai kesempatan untuk memulai pembicaraan lagi.

Jumat kemarin, para diplomat di Dewan Keamanan PBB mengatakan, tidak akan ada pemungutan suara mengenai resolusi yang mengikat yang mengesahkan sanksi terhadap Korea Utara sampai Senin. AS, Jepang, Inggris, dan Prancis mengajukan rencana resolusi untuk menanggapi uji-coba misil Pyongyang.

XS
SM
MD
LG