Tautan-tautan Akses

Rancangan Resolusi Pemberian Sanksi Bagi Korea Utara Diajukan ke DK PBB


Sebuah rancangan resolusi untuk mengenakan sanksi-sanksi atas Korea utara telah diajukan ke dewan keamanan PBB hari ini. Rancangan itu didukung oleh Amerika, Inggris, Perancis dan Jepang, tapi Cina dan Rusia, yang punya hak veto, mendesak rumusan yang lebih lunak dalam rancangan resolusi itu.

Rancangan itu menyerukan kepada semua negara anggota PBB supaya jangan menjual bahan apapun kepada Korea utara yang bisa digunakan untuk membuat missil atau senjata pemusnah massal. Korea utara juga diminta dengan segera untuk menghentikan pembuatan dan percobaan misil-misil balistik, dan kembali ke meja perundingan segi enam.

Dewan Keamanan PBB mungkin akan mengadakan pemungutan suara hari Sabtu ini. Kata Presiden Bush hari ini, dia menghendaki krisis dengan Korea utara itu diselesaikan secara diplomatis.

Korea Utara menuntut supaya Jepang segera mencabut sanksi-sanksi yang dikenakan atas negara itu, dan mengancam akan membalas dengan tindakan yang tegas kalau sanksi-sanksi itu tidak dicabut. Kemarin Jepang menghentikan bantuan pangan, dan melarang pejabat Korea Utara datang ke Jepang. Juga dilarang masuknya kapal ferry Korea Utara untuk masa enam bulan.

XS
SM
MD
LG