Tautan-tautan Akses

Korea Utara Menuntut agar Tokyo Segera Mencabut Sanksi Terhadap Pyongyang


Korea Utara menuntut agar Tokyo segera mencabut sanksi terhadap Pyongyang sebagai tanggapan atas percobaan peluncuran misilnya.

Utusan Korea Utara untuk pembicaraan normalisasi dengan Jepang mengatakan negaranya akan membalas dengan tindakan yang lebih keras kalau sanksi tidak dicabut.

Setelah percobaan peluncuran 7 misil Korea Utara ke Laut Jepang hari Rabu, Tokyo melarang kapal Korea Utara memasuki pelabuhan Jepang selama 6 bulan dan melarang pejabat Korea Utara memasuki negara itu. Hari ini, badan pengawas penerbangan Korea Selatan memerintahkan perusahaan penerbangan negara itu agar menghindarkan wilayah angkasa Korea Utara. Utusan America untuk pembicaraan nuklir Korea Utara, Christopher Hill, berada di Beijing untuk membicarakan krisis itu. Hill juga berencana berkunjung ke Seoul dan Tokyo.

Dewan Keamanan PBB sedang mempertimbangkan usul Jepang yang hendak mencegah pengalihan dana, teknologi, dan barang untuk program misil dan nuklir Korea Utara.

Rancangan yang diusulkan Jepang itu mendapat dukungan luas dalam Dewan keamanan yang beranggotakan 15 negara itu. Namun, Rusia dan Cina menghendaki resolusi yang kurang kuat yang tidak memuat sanksi.

XS
SM
MD
LG