Tautan-tautan Akses

Anak Perempuan Indonesia Berusia 3 Tahun yang Meninggal Pekan ini Terinfeksi H5N1


Seorang pejabat Departemen Kesehatan Indonesia mengatakan hasil pengetesan setempat menunjukkan seorang anak perempuan berusia 3 tahun yang meninggal pekan ini terinfeksi dengan flu burung jenis H5N1.

Kalau dikukuhkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, W-H-O, anak tersebut menjadi orang yang ke-41 meninggal akibat flu burung di Indonesia. Hanya Vietnam yang menderita korban jiwa yang lebih besar, 42 orang.

Pejabat kesehatan mengatakan anak perempuan tadi meninggal hari Kamis di sebuah rumah sakit di ibukota Jakarta, setelah menyentuh se-ekor ayam sakit milik tetangganya.

Menurut data W-H-O, 131 orang telah meninggal akibat flu burung jenis H5N1 di seluruh dunia sejak tahun 2003. Jumlah penderita di Indonesia telah meningkat dalam beberapa bulan ini, termasuk satu keluarga yang diduga sebagai contoh pertama penularan virus itu dari manusia ke manusia.

Para pejabat kesehatan prihatin bahwa kalau virus itu menjadi dapat menular dengan mudah dari manusia ke manusia, hal ini dapat menimbulkan pandemic global yang menulari jutaan orang.

XS
SM
MD
LG