Tautan-tautan Akses

Andres Obrador: Kestabilan Meksiko Sedang Dipertaruhkan Karena Pemilu yang Ditentang


Calon Presiden Meksiko yang berhaluan kiri, Andres Manuel Lopez Obrador, memperingatkan bahwa kestabilan negara itu sedang dipertaruhkan karena pemilihan Presiden yang sangat dipertentangkan. Lopez Obrador mengatakan demikian hari Rabu, sementara Komisi Pemilu Federal Meksiko mulai meninjau kembali kertas suara untuk menentukan pemenang pemilu yang hampir berimbang itu.

Hasil awal dari pemilu hari Minggu itu terlalu berimbang untuk mengetahui pemenangnya. Calon Presiden Felipe Calderon dari partai Aksi Nasional yang berkuasa dan Lopez Obrador dari partai Revolusi Demokrasi memperoleh suara yang hampir sama. Kedua calon telah menyatakan kemenangan.

Para pendukung Lopez Obrador berkumpul di luar kantor pusat Komisi Pemilu, dimana sebagian mengutuk Komisi Pemilu itu dan mengancam akan melakukan tindak kekerasan jika calon mereka tidak menang.

Pertentangan itu telah meningkatkan keprihatinan akan kembali terulangnya peristiwa pemilu yang curang seperti di masa lalu, walaupun sebagian besar peninjau internasional menjamin bahwa pemilu itu berjalan dengan wajar.

Komisi Pemilu Federal harus menyatakan pemenang sebelum tanggal 6 September.

XS
SM
MD
LG