Tautan-tautan Akses

Korea Utara Mengeluarkan Pernyataan Resmi Pertama Percobaan Rudalnya


Korea Utara telah mengeluarkan pernyataan resmi pertama mengenai percobaan rudalnya Rabu kemarin, dengan mengatakan peluncuran rudal tersebut “berhasil” dan bertekad akan melakukan uji coba lagi di masa depan. Pyongyang juga mengatakan pihaknya akan menggunakan kekuatan militer terhadap pihak luar yang menentang peluncuran rudal itu.

Pernyataan Departemen Luar Negeri Korea Utara hari ini mengatakan peluncuran itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan negara itu.

Cina mengatakan perunding utamanya mengenai krisis nuklir Korea Utara akan berangkat ke Pyongyang pekan depan, meskipun belum jelas apakah dia akan mengadakan pembicaraan mengenai uji coba rudal itu, yang telah dikecam Beijing.

Para pejabat di Departemen Pertahanan Korea Selatan mengatakan hari ini mereka yakin Korea Utara sedang mempersiapkan peluncuran rudal lagi setelah tujuh percobaan peluncuran hari Rabu, yang termasuk satu rudal jarak jauh. Tetapi di Tokyo, Sekretaris Kabinet Jepang mengatakan Pyongyang diperkirakan tidak akan meluncurkan rudal jarak jauh lagi dalam waktu dekat.

Presiden Bush telah membicarakan percobaan rudal tersebut dalam pembicaraan telepon dengan para pemimpin Korea Selatan dan Jepang, dan Bush dan Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi sependapat untuk mengusahakan sanski PBB terhadap Korea Utara.

XS
SM
MD
LG