Tautan-tautan Akses

Masyarakat Internasional Mengutuk Percobaan Rudal Korea Utara


Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Christopher Hill bertolak ke Asia hari ini untuik bertemu dengan sekutu-sekutu Amerika dan membahas ujicoba rudal Korea Utara. Hill telah mendesak Pyongyang supaya kembali ke perundingan enam-pihak, yang bertujuan menyelesaikan krisis nuklir Korea Utara.

Di Gedung Putih hari ini, Presiden Bush mengutuk peluncuran rudal itu dan mengatakan Korea Utara telah membuat dirinya semakin terpencil dari negara-negara lain. Para pemimpin Eropa dan Asia juga mengutuk tindakan Korea Utara itu. Dalam wawancara dengan televisi Rusia hari Rabu, seorang pembantu Kremlin mengatakan para pemimpin negara-negara industri utama dunia akan membahas percobaan rudal itu pada KTT G-8 bulan ini.

Dutabesar Amerika untuk PBB, John Bolton, mengatakan negara anggota Dewan Keamanan sama menghendaki pemberian peringatan keras kepada Korea Utara. Sementara itu Jepang telah mengedarkan rancangan resolusi yang menganjurkan larangan transfer dana, bahan atau teknologi yang dapat digunakan dalam program rudal Korea Utara. Jepang berada dalam jarak-jangkau rudal itu dan telah meningkatkan status kesiagaan militer.

XS
SM
MD
LG