Tautan-tautan Akses

Sebuah Kelompok Syiah Irak Mengaku Lakukan Serangan Terhadap Pasukan Koalisi


Satu kelompok pemberontak Muslim Syi’ah mengatakan pihaknya berada di belakang serangan terhadap pasukan koalisi, tetapi bersumpah tidak akan menjadikan penduduk sipil dan tentara Irak sebagai sasaran.

Lewat rekaman video yang disiarkan hari Minggu di televisi Libanon, kelompok yang tidak dikenal dan mengaku bernama ‘Perlawanan Islam di Irak’ menyatakan tujuannya adalah membebaskan Irak dari ‘pendudukan asing'.

Kelompok itu menolak pasukan Amerika dan Inggris bersama sekutu mereka. Rekaman itu memperlihatkan serangan terhadap yang tampaknya sebagai pasukan dan tank koalisi. Rekaman itu tidak dapat diverifikasi otentisitasnya.

Dalam pada itu – anggota Parlemen Irak dari golongan Arab Suni mengancam akan memboikot sidang kalau penculik tidak membebaskan seorang rekan mereka yang diculik hari Sabtu di Baghdad. Polisi Irak mengatakan seorang lagi anggota Parlemen, kali ini dari golongan Syi’ah, selamat dari percobaan pembunuhan hari Minggu tatkala sebuah bom meledak dekat iring-iringan mobilnya di kawasan Karrada ibukota Baghdad.

XS
SM
MD
LG