Tautan-tautan Akses

Pakistan Marah Atas Ucapan Condoleezza Rice Soal Pemilu Yang Demokratis


Pakistan memberi reaksi tajam terhadap ucapan menteri luar negeri Amerika, Condoleezza Rice bahwa Pakistan hendaknya melakukan pemilihan umum yang bebas dan demokratis tahun depan.

Pakistan menjawab ucapan itu dengan menandaskan ‘Pakistan tidak memerlukan nasihat dari luar.’ Menteri Rice mengeluarkan ucapan itu dalam jumpa pers seusai pembicaraan dengan Presiden Pervez Musharraf hari Selasa di Islamabad.

Rice lagi-lagi menegaskan betapa masyarakat internasional menaruh arti penting pada pemilihan umum yang bebas dan demokratis di Pakistan tahun depan. Rabu malam Kementerian Luar Negeri Pakistan di Islamabad mengeluarkan pernyataan bahwa Rice tidak membicarakan isu itu dengan Presiden Musharraf.

Juga dikatakan bahwa soal pemilihan yang dimaksud pada dasarnya adalah urusan rakyat Pakistan. Parlemen Pakistan dewasa in didominasi pendukung Presiden Musharraf dan pemilihan umum baru dijadwalkan diadakan tahun depan.

Masa jabatan lima tahun Presiden Mushararaf juga kedaluwarsa tahun 2007. Berdasarkan Konstitusi negara yang telah diamendir, presiden dipilih oleh Parlemen.

XS
SM
MD
LG