Tautan-tautan Akses

Tokyo Pertimbangkan Sanksi Bagi Korut Bila Luncurkan Rudal Jarak Jauh


Menteri Luar Negeri Jepang mengatakan Tokyo kemungkinan mengenakan sanksi terhadap Korea Utara bila negara itu meluncurkan rudal jarak jauh. Kepada televisi Jepang NHK hari Minggu ini Taro Aso mengatakan, Jepang telah mengeluarkan undang-undang yang mengizinkan pembekuan transfer uang tunai kepada Korea Utara dan melarang lalulintas kapal antara kedua negara. Katanya tindakan itu dapat diberlakukan tanpa mengajukan ke Dewan Keamanan PBB.

Gambar satelit menunjukkan Pyongyang mungkin sedang bersiap menguji-tembakkan sebuah rudal yang dapat mencapai bagian-bagian wilayah Amerika, namun para pejabat tidak dapat memastikan apakah peluncuran itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

Perdana Menteri Korea Selatan Han Myung-sook hari ini mendesak Korea Utara supaya kembali ke pembicaraan nuklir enam-pihak dan menyadari keprihatinan komunitas internasional atas program nuklirnya.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan, Menteri Luar Negeri Ban Ki-moon akan membahas Korea Utara dalam pembicaraan dengan para pejabat Cina di Beijing hari Senin dan Selasa.

XS
SM
MD
LG