Tautan-tautan Akses

Senat AS Sepakati Penghentian Bantuan Kepada Otoritas Palestina Pimpinan Hamas


Para senator Amerika hari ini dengan pemungutan suara telah memutuskan penghentian bantuan Amerika kepada Otoritas Palestina pimpinan-Hamas sampai Hamas meninggalkan kekerasan dan mengakui hak keberadaan Israel.

Rancangan undang-undang yang disetujui Senat itu harus diselaraskan dengan rancangan yang disetujui Dewan Perwakilan Rakyat bulan Mei. Rancangan Senat itu mengizinkan pengecualian bagi bantuan kemanusiaan yang diberikan langsung kepada rakyat Palestina. Versi DPR tidak menyebut itu.

Sementara itu, Komisi Eropa mengatakan akan mencairkan bantuan 130 juta dollar kepada rakyat Palestina, dengan melangkahi pemerintah pimpinan-Hamas. Para pejabat Uni Eropa mengatakan dana pertama akan disalurkan paling lambat awal bulan depan.

Kuartet diplomatik Timur Tengah, Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa dan PBB pekan lalu menyetujui rencana menyalurkan bantuan langsung kepada rakyat Palestina. Seorang pakar HAM PBB mengatakan sanksi ekonomi terhadap pemerintah telah menyebabkan kondisi penghidupan yang tak tertahankan bagi penduduk sipil Palestina, dan bisa kontra-produktif.

XS
SM
MD
LG