Tautan-tautan Akses

Iran Menolak Lagi Seruan agar Membekukan Pemrosesan Uraniumnya


Iran telah menolak lagi seruan agar membekukan pemrosesan uraniumnya sebagai prasyarat bagi pembicaraan mengenai program nuklirnya, tetapi mengatakan pembicaraan itu dapat menghasilkan dilakukannya moratorium serupa itu.

Sikap Teheran itu dikemukakan di Wina Kamis kemarin oleh Deputi Kepala Dewan Keamanan Nasional Iran, Javad Vaeedi. Dia mengatakan, Iran tidak akan melepaskan haknya untuk memiliki teknologi nuklir sipil.

Setelah pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki di Jenewa, Kamis kemarin, SekJen PBB Kofi Annan mengatakan, Iran sedang mempertimbangkan secara serius tawaran insentif dukungan Amerika Serikat yang dimaksudkan untuk memecahkan konfrontasi mengenai program nuklir Teheran.

Amerika dan Negara-negara Eropa sekutunya menduga Iran sedang berusaha mengembangkan senjata nuklir, tuduhan yang dibantah Teheran.

Sementara tekanan internasional meningkat terhadap Iran, Kepala Kebijaksanaan Luar Negeri Uni Eropa Javier Solana mengatakan, dia berharap akan bertemu perunding nuklir Iran Ali Larijani, mungkin pekan depan.

XS
SM
MD
LG