Tautan-tautan Akses

Human Rights Watch: Militer Indonesia Lakukan Kegiatan Yang Mengancam HAM


Sebuah organisasi HAM internasional mengatakan, militer Indonesia melakukan kegiatan usaha yang mengancam hak asasi manusia dan merongrong upaya reformasi pemerintah.

Dalam laporan yang dikeluarkan Rabu kemarin, Human Rights Watch yang berkedudukan di New York mengatakan, militer Indonesia mengusahakan penghasilan bagi dirinya sendiri melalui jaringan bisnis yang sah dan gelap diantaranya layanan jasa keamanan, penebangan hutan dan pertambangan.

Menurut laporan itu, militer juga terlibat dalam tindak korupsi seperti pemerasan dan memungut uang keamanan. Human Rights Watch mengatakan, sebagian besar kegiatan itu berada di luar pengawasan komando sentral militer dan melanggar undang-undang tahun 2004 yang mewajibkan militer mengakhiri kegiatan bisnis.

Pihak militer mengatakan melakukan usaha sampingan karena tidak mendapat anggaran yang memadai. Human Rights Watch telah menghimbau pemerintah Indonesia untuk menghapuskan kegiatan bisnis militer dan menyediakan anggaran militer yang mencukupi.

XS
SM
MD
LG