Tautan-tautan Akses

PBB Perpanjang Misi di Timor Timur Selama Dua Bulan Lagi


Dewan Keamanan PBB memutuskan untuk memperpanjang selama dua bulan misi politik PBB di Timor Timur sehubungan dengan gelombang kekerasan baru-baru ini di sana. Dewan Keamanan hari Selasa dengan suara bulat menyetujui perpanjangan misi politik itu hingga tanggal 20 Agustus.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan telah mengutus delegasi ke Timor Timur untuk memastikan apakah pasukan perdamaian seharusnya dipulangkan. Pemungutan suara hari Selasa dilakukan setelah adanya imbaun Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer bagi sebuah resolusi PBB untuk ikut mewujudkan perdamaian dan stabilitas di Timor Timur.

Australia memimpin pasukan perdamaian internasional terdiri dari 2200 tentara dan polisi di negara itu yang bersusah payah untuk memulihkan tata-tertib. Pada bulan Maret Perdana Menteri Mari Alkatiri memecat 600 tentara, yang menyulut bentrokan dalam beberapa bulan ini melibatkan satuan-satuan militer, mantan prajurit dan antar-geng yang bermusuhan. Para demonstran mengimbau pemecatan Alkatiri.

XS
SM
MD
LG