Tautan-tautan Akses

Bush di Wina Untuk KTT AS-Uni Eropa, Iran dan Kamp Guantanamo Akan Dibahas


Presiden Bush kini di Wina untuk KTT Amerika- Uni Eropa yang diperkirakan akan terfokus pada Iran, terorisme dan perdagangan. Bush disambut di bandara Wina oleh tuan rumah KTT dan Presiden Uni Eropa saat ini, Kanselir Austria Wolfgang Schuessel. Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih Stephen Hadley mengatakan Bush dan para pemimpin Eropa akan menandaskan lagi upaya mereka untuk menyelesaikan krisis nuklir Iran, tetapi mengatakan diperkirakan tidak akan ada pengumuman penting. Iran saat ini mempertimbangkan paket insentif untuk membatalkan program nuklirnya.

Bush mengatakan Iran yang bersenjata-nuklir akan menimbulkan ancaman bagi semua orang. Tetapi ia mengatakan Iran akan melihat manfaat nyata jika pihaknya menghentikan proses ulang dan pengolahan uranium yang bisa diverifikasi. Para pemimpin Eropa juga diperkirakan akan membahas isu penutupan fasilitas penahanan milik militer Amerika di Teluk Guantanamo, Kuba. Peserta- peserta KTT bermaksud membahas perdagangan, sementara para perunding sibuk menepati batas waktu akhir-tahun bagi perjanjian perdagangan dunia.

Pernyataan yang akan diserahkan pada akhir KTT Uni Eropa-Amerika hari Rabu di Wina diperkirakan akan mencakup janji untuk menghormati HAM dalam perang melawan terorisme. Sebuah konsep pernyataan yang diperoleh berbagai kantor berita mengatakan perjuangan melawan teror akan “konsisten dengan nilai-nilai bersama kami,” termasuk kewajiban internasional terhadap hukum hak asasi manusia. Menurut kantor-kantor berita itu, konsep tersebut tidak menyebut pusat penahanan yang diawasi Amerika di Teluk Guantanamo, dimana ratusan tersangka teror dipenjarakan.

Tuan rumah KTT, Austria mengatakan pihaknya bermaksud untuk mengemukakn dengan jelas kepada Presiden Bush bahwa Uni Eropa beranggapan fasilitas itu harus ditutup. Penasehat Keamanan Gedung Putih Stephen Hadley mengatakan Bush dan pemimpin-peimpin Eropa itu juga akan menandaskan upaya untuk mengatasi krisis nuklir Iran, tetapi mengatakan diperkirakan tidak akan ada pengumuman penting. Peserta-peserta KTT juga bermaksud membahas perdagangan sementara para peunding sibuk berupaya memenuhi batas waktu akhir tahun bagi suatu perjanjian perdagangan dunia yang baru.

XS
SM
MD
LG