Tautan-tautan Akses

Bush: Aliansi AS-Eropa Pilar Utama Perang Global Melawan Terorisme


Menjelang kunjungannya ke Eropa, Presiden Bush menyebut aliansi Amerika dengan Eropa sebagai pilar utama dalam memenangi perang global melawan terorisme. Presiden Bush mengatakan di Akademi Marinir di Kings Point, kunjungannya ke Eropa dilakukan pada saat yang penting bagi Amerika dan sekutunya. Presiden Bush bertolak menuju Wina Selasa ini untuk menghadiri pertemuan para pemimpin Uni Eropa Rabu mendatang.

Program nuklir Iran kemungkinan besar akan menjadi isu utama pembicaraan. Bush mengatakan, Amerika dan Uni Eropa mengambil langkah-langkah baru untuk memperkuat kerjasama dalam bidang keamanan perhubungan dan perang melawan terorisme. Dia juga mengatakan, mereka akan memperbarui komitmen dalam mendukung perdamaian dan sikap yang moderat di dunia Muslim. Agenda Bush lainnya mencakup pembicaraan dengan ketua dewan Eropa Wolfgang Schuessel dan ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso. Para pemimpin Uni Eropa mengatakan mereka juga akan mengangkat isu penutupan penjara Guantanamo di Kuba.

Sementara itu, kantor berita Italia ANSA melaporkan, para jaksa menuntut hukuman bagi seorang tentara Amerika yang menembak mati seorang agen intelijen Italia di Baghdad tahun lalu. Intelijen Italia bernama Nicola Calipari ditembak mati bulan Maret 2005 di sebuah pos pemeriksaan Amerika, saat dia tengah mengawal seorang wartawan Italia yang dibebaskan oleh para penculiknya ke bandara Baghdad. Amerika dan Italia tidak sepakat dengan kejadian yang menewaskan Calipari. Italia mengatakan penembakan itu dilakukan karena tentara Amerika yang stress dan tidak berpengalaman.

XS
SM
MD
LG