Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Berdemonstrasi di Mogadishu Tolak Pasukan Perdamaian Asing


Beberapa ribu orang berdemonstrasi di ibukota Somalia menentang rencana pemerintah hendak mengundang pasukan perdamaian asing. Para demonstran yang berbaris melintasi pusat kota Mogadishu hari Jumat, juga mencela pemerintah transisi yang didukung PBB tersebut.

Aksi protes itu diorganisasi oleh Persatuan Mahkamah Islam Somalia (ICU), yang telah menguasai secara efektif ibukota dan wilayah-wilayah lainnya menyusul kemenangan milisi-milisi Islam.

Di Washington hari ini, seorang diplomat tinggi Amerika menyerukan agar pemerintah dan mahkamah tersebut melanjutkan pembicaraan demi perdamaian di Somalia. Jendayi Frazier, asisten menteri luar negeri urusan Afrika juga mengatakan Amerika Serikat belum akan memberi penilaian mengenai ICU.

Ketua kelompok itu Shaikh Sharief Ahmad telah menulis dua pucuk surat kepada para pejabat Amerika. Dalam surat kedua yang dikirim hari Rabu, dia mengatakan mahkamah itu akan membantu mencegah Somalia menjadi tempat persembunyian teroris.

Asisten Menteri Luar Negeri Frazier mengatakan kelompok itu akan dinilai dari tindakannya. Dia menegaskan bahwa Amerika Serikat menginginkan tiga tersangka teroris al-Qaida yang diduga tinggal di Mogadishu.

XS
SM
MD
LG