Tautan-tautan Akses

Penasehat Keamanan Irak: Tewasnya Zarqawi Sinyal Berakhirnya Al-Qaida Irak


Penasehat Keamanan Nasional Irak, Mowaffaq al-Rubaie mengatakan, tewasnya pemimpin teroris Abu Musab al-Zarqawi adalah sinyal dari ‘awal berakhirnya’ al-Qaida di Irak meskipun kekerasan masih terus terjadi di negeri itu. Informasi yang ditemukan bersama Zarqawi, katanya, memberi kelebihan kepada pasukan Irak karena menunjukkan lokasi para pemimpin teroris dan senjata serta bagaimana kelompok teroris diatur.

Ia menambahkan, ia berpendapat pasukan asing bisa keluar dari Irak selambat-lambatnya pertengahan tahun 2008. Presiden Bush tidak bersedia menetapkan jadwal penarikan pasukan Amerika dari Irak.

Al-Qaida di Irak telah bersumpah akan memperbanyak serangan. Militer Amerika mengatakan pihaknya berpendapat pemimpin baru kelompok itu Abu Hamza al-Muhajer barangkali adalah alias bagi Abu Ayyub al-Masri, seorang warga Mesir.

Dalam kekerasan hari Kamis, ledakan bom mobil di depan sebuah paberik roti di Baghdad menewaskan 3 orang. Kemudian polisi Irak menerangkan, gerombolan bersenjata menewaskan 10 orang buruh harian ketika mereka sedang pergi kerja ke Baquba. Dan di Tikrit gerombolan bersenjata menyerang sebuah Masjid menewaskan 4 Arab Suni.

XS
SM
MD
LG