Tautan-tautan Akses

Presiden Ahmadinejad Bertemu Presiden Putin dan Presiden Hu Jintao di Shanghai


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad hari Jumat akan bertemu Presiden Cina Hu Jintao di Shanghai diduga membicarakan program nuklir Iran yang kontroversial. Cina bersama empat negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB tambah Jerman menawarkan paket perangsang kepada Iran untuk berhenti proses memperkaya uranium dan merundingkan program nuklirnya. Presiden Ahmadinejad diundang sebagai peninjau dalam KTT Organisasi Kerjasama Shanghai.

Hari Kamis Ahmadinejad telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Kemudian Putin mengatakan Iran menanggapi positif paket perangsang tadi. Presiden Ahmadinejad menghimbau negara-negara Asia Tengah mendukung negaranya dalam pertikaian mengenai program nuklir itu. Di Washington – juru bicara Gedung Putih mengatakan di KTT Shanghai itu Iran mencoba menguji kesatuan sikap enam negara besar yang mendukung paket perangsang tersebut.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Iran menanggapi positif paket perangsang yang diajukan enam negara jika Iran mau menghentikan kegiatan nuklir yang sensitif dan merundingkan program nuklirnya. Putin mengemukakan keterangan ini setelah berbicara dengan presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad hari Kamis di sela-sela KTT Asia Tengah di Cina.

Putin mengatakan Iran siap memasuki perundingan dalam masa depan yang dekat. Seterusnya Putin mengatakan Iran mempunyai hak terhadap tenaga nuklir tetapi mesti menjawab semua kekhawatiran mengenai tujuan program nuklirnya. Presiden Mahmoud Ahmadinejad menghimbau negara-negara Asia Tengah mendukung negaranya dalam pertikaian internasional tentang program nuklir itu. Ia mengatakan Iran sedang menghadapi ‘campurtangan agresif’ dari ‘negara-negara dominan’ di Barat. Perkembangan baru ini terjadi tatkala Badan Tenaga Atom Internasional yang beranggotakan 35 negara sedang membicarakan program nuklir Iran.

XS
SM
MD
LG