Tautan-tautan Akses

Nouri al-Maliki Bersedia Mengadakan Pembicaraan dengan Kelompok Pemberontak


Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengatakan ia bersedia mengadakan pembicaraan dengan kelompok pemberontak yang bersedia memasuki proses politik – sementara ia melancarkan tindakan pengamanan besar-besaran di Baghdad. Maliki mengatakan hari Rabu ia tidak mau berunding dengan orang-orang yang tangannya telah ternoda darah.

Di Baghdad, kira-kira 50 ribu pasukan keamanan Irak dan 7.200 tentara koalisi yang dipimpin Amerika disebar ke seluruh ibukota Irak itu, dalam usaha untuk mengakhiri kekerasan antar aliran agama dan serangan pemberontak.

Pasukan – dengan tank, satuan lapis baja dan dukungan dari udara – mendirikan pos-pos pemeriksaan di seluruh kota itu. Maliki juga memerintahkan perpanjangan larangan keluar rumah dan larangan lalu lintas kendaraan pada jam-jam sembahyang Jumat – saat yang sering digunakan pemberontak untuk melancarkan serangan.

Di Washington, Departemen Pertahanan Amerika mengatakan hari Rabu operasi Baghdad itu dipimpin oleh pasukan Irak -- dan ini adalah indikasi yang memberi harapan.

XS
SM
MD
LG